27.7.09

Perangkat Masukan (Input Device) Untuk Komputer

















Perangkat masukan atau input device merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Masukan tersebut berupa sinyal input dari Maintenance input. Sinyal Input adalah sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal Maintenance adalah sinyal yang dipakai untuk mengolah sinyal Input.
Perangkat masukan dibagi menjadi 2, yaitu : Peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung
  1. Mouse : berfungsi untuk mengatur posisi pointer, pada layar komputer, dengan menggunakan mouse, kita dapat mend-DRAG (menarik) dan men-DROP (meletakkan) file.
  2. Keyboard : merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol tombol haruf dan tombol tombol fungsi, bentuk keyboard ada yang standart dan extended. kalaupun ada perbedaan terdapat pada jumlah tombolnya di mana keyboard standart punya 88 tombol sedangkan yang extended punya tombol yang lebih banyak, tetapi pada dasarnya keduanya punya kemampuan yang sama.
  3. Scanner : peralatan untuk membaca input baik data ataupun gambar untuk di SCAN
  4. Optical Drive : terbagi atas beberapa jenis, antara lain CD ROOM, DVD ROOM dan lain lain.....CD ROOM (Compact Disk Read Only Memory) drive berfungsi untuk membaca data input kepingan CD. Kemampuan transfer data dari CD ROOM adalah n x 150 MB/s dengan n adalah kecepatan berputar kepingan CD, Misalnya Jika CD ROOM punya kecepatan sebesar 52 x, maka kecepatan transfernya sebesar 52 x 150 MB/s = 7.800 MB/s. Saat ini kecepatan CD ROOM yang ada di pasaran (utamanya di Pasar Indonesia) antara lain 32x, 48x dan 53x........DVD ROOM (Digital Versatile Disc Read Only Memory) drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan DVD, kemampuannya adalah n x 10,55 Mbit/s dengan n kecepatan berputar kepingan DVD. Misalnya punya kecepatan sebesar 20x maka kecepatan transfer-nya adalah sebesar 20 x 10,5 Mbit/s = 211 Mbit/s, yang banyak beredar di pasaran antara lain : 8x, 12x, 18x dan 20x  

Apa Yang Anda Cari ?