12.9.09

Penetapan Satuan Standart Kilogram & Gram


Ternyata orang orang yang hidup pada jaman dulu bangets punya cara sendiri dalam mengukur Panjang dan tinggi, yang dilakukan adalah dengan cara memakai “Jari, Jengkal atau bahkan Langkah”….Contohnya adalah Panjang Kayu Pentungan diukur dengan Jari, Panjang Meja diukur dengan jengkal dan jarak tempat ke tempat yang lain diukur dengan langkah.
Dari hal itulah maka jarak yang ada terkadang tidak sama antara yang dengan yang lainnya, karena “jari, jengkal dan langkah orang tidak ada yang sama, Jadi kalo pake bahasa yang ilmiah dikit “Satuan tersebut adalah satuan tidak baku
Tetapi dengan kemajuan zaman, perlahan tapi pasti orang sudah mulai menemukan alat ukur yang layak pakai dan baku, kita bisa lihat saat ini untuk mengukur panjang suatu benda dapat dipakai meteran kelos, yaitu alat ukur panjang yang dapat digulung dalam sebuah kotak (pekerja bangunan biasanya mengantongi alat ini dalam bekerja) dan untuk mengukur waktu digunakan Arloji atau stopwatch dan untuk menimbang masa digunakan neraca.
Pada tahun 1960, standart untuk satuan panjang telah ditetapkan dengan satuan meter, Satu meter (1 m) ditetapkan sebagai 1.650.763,73 kali panjang gelombang cahaya yang dipancarkan oleh gas crypton-86 dalam ruang hampa. Meter standart inilah yang merupakan satuan yang dipakai di seluruh Dunia dan pada tahun 1983 pengertian satu meter diubah lagi,……yaitu didefinisikan senagai jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa dalam selang waktu 1 / 299.792.548 sekon.
Coba anda lihat Klik kembali di Bulan Juli pada blog ini tentang “JANGKA SORONG, MIKROMETER SEKRUP Dan MISTAR.

SATUAN MASSA
Saat kita perhatikan benda benda yang ada disekitar kita, seperti kertas, kayu, batu, kaca dan besi tidak hanya berbeda jenisnya tetapi berbeda pula zat yang terkandung didalamnya. Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa zat yang terkandung dalam kayu dan besi sama banyaknya ?
Dalam SI, satuan dari massa benda ialah Kilogram (kg), Kilogram Standart Internasional berupa silinder platinairidium. Yang salinya di simpan di Sevres, dekat Paris Perancis, Massa satu kilogram standart sama dengan massa satu liter air murni pada suhu 4 derajat Celcius.
Dalam kehidupan sehari hari, kita sering menyebut massa benda menjadi Berat benda. Didalam Fisika kita harus dapat bedain antara berat massa dan berat benda.

Why ?…..Karena Massa punya satuan gram atau kilogram, tetapi berat punya satuan gram gaya (Gram Force) yang biasanya disingkat gf, atau kilogram gaya (Kilogram Force) yang disingkat kgf.
Satuan kilogram force setara dengan satuan Newton yang digunakan sebagai satuan untuk gaya atau juga satuan untuk berat, Massa sebuah benda adalah tetap di manapun benda itu berada.
Beda banget dengan Berat, Nilainya dapat berubah ubah sesuai dengan pengaruh gaya tarikan bumi ditempat benda itu berada, perbedaan ini akan dibahas lebih di lain kesempatan aja
Beberapa neraca yang umum banget dipakai dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Apa Yang Anda Cari ?