13.8.09

Tujuan dan Kegunaan Penilaian Prestasi Kerja menurut para Ahli


Penilaian prestasi kerja ini mempunyai tujuan yang berguna bagi perusahaan dan para karyawannya. Dengan adnaya penilaian prestasi kerja mereka akan merasa puas dalam diri mereka. Mereka merasa bahwa dengan cara ini dapat diketahui kelemahan-kelemahan yang mereka miliki, kelemahan-kelemahan tersebut harus disadari oleh para karyawan, sehingga akhirnya akan menimbulkan dorongan dan semangat bagi karyawan untuk memperbaiki dirinya.
Menurut Malayu SP. Hasibuan (1994 : 98) dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia menyatakan bahwa tujuan dan kegunaan penilaian prestasi kerja karyawan sebagai berikut :
·         Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang digunakan untuk mempromosikan, memberhentikan dan menetapkan besarnya balas jasa.
·         Untuk mengukur prestasi kerja dan sejauhmana karyawan bisa sukses dalam pekerjaannya.
·         Sebagai dasar dalam mengevaluasi program pelatihan dan keefektifan jadwal kerja, metode kerja struktur organisasi, gaya pengawasan, kondisi kerha dan peralatan kerja.
·         Sebagai indikator untuk menentukan kebutuhan akan pelatihan karyawan yang berada dalam organisasi.
·         Sebagai dasar dalam mengevaluasi efektivitas seluruh kegiatan dalam perusahaan.
·         Sebagai alat untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan sehingga dicapai tujuan untuk mendapatkan penampilan kerja yang baik.
·         Sebagai alat untuk mendorong atau membiasakan para atasan mengobservasikan perilaku bawahan supaya diketahui minat dan kebutuhan-kebutuhan bawahannya.
·         Sebagai alat untuk bisa melihat kekurangan atau kelemahan-kelemahan dimasa lampau dan meningkatkan kemampuan-kemampuan karyawan selanjutnya.
·         Sebagai kriteria dalam menentukan seleksi dan penempatan karyawan.
·         Sebagai alat untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan personal dan dengan demikian bisa sebagai bahan pertimbangan agar diikutsertakan dalam program pelatihan kerja tambahan.
·         Sebagai alat untuk memperbaiki ataau mengembangkan kecakapan karyawan.
·         Sebagai dasar untuk memperbaiki dan mengembangkan uraian perkerjaan.

Jadi dengan adanya penilaian prestasi kerja dapatlah diketahui kelebihan-kelebihan maupun kekurangan-kekurangan yang dimilikinya. Bagi mereka yang memiliki prestasi kerja yang tinggi akan diberikan promosi atau kenaikan jabatan, sebaliknya apabila prestasi kerja mereka rendah akan dipindahkan jabatannya yang sesuai dengan kecakapannya.
Dengan demikian penilaian prestasi kerja karyawan selain bertujuan untuk memindahkan secara vertikal (promosi) atau horizontal, pemberhentian dan perbaikan mutu karyawan, dan dapat juga untuk memperbaiki karyawan yang memberikan manfaat serta berguna untuk perusahaan dalam menetapkan kebijakan-kebijakan program kepegawaian pada masa yang akan datang, sehingga diperoleh kepuasan dan keharmonisan dalam perusahaan.

No comments:

Apa Yang Anda Cari ?