5.7.09

Cara Praktis dan Mudah Memulai Mengarang




Bagi beberapa orang utamanya Pelajar, mengarang adalah pekerjaan yang cukup sulit, terutama membuat kata atau kalimat pertama ketika akan menulis karangan.
Berikut ini trik / tips kecil ketika akan memulai sebuah karangan, caranya bisa dimulai dengan kata / kalimat :

Pada Jaman Dahulu Hiduplah seorang ................ atau,
Cerita ini bermula ........................................... atau,
Adalah dua orang sahabat yang hidup ................ atau,
Pada saat Idul Fitri kemarin .............................. atau,
Ketika saya dan teman saya yaitu ..................... atau,
Pada sebuah Desa / Kampung /  ada sebuah ......  atau,

Selanjutnya jika anda ingin melanjutkan cerita, anda cukup membayangkan kejadian atau peristiwa yang biasanya terjadi.

Contoh Kasus Pertama : Misalnya : Misalnya kejadian “saat mengikuti acara berkemah” anda bisa membayangkan kejadian lucu apa saja yang terjadi atau suka duka kegiatan tersebu. Peristiwa yang anda alami bisa langsung ditulis tangan (agar tidak lupa) atau langsung di ketik di Laptop atau Komputer.

Contoh Kasus Pertama : Misalnya : kejadian saat “Lebaran” anda bisa menceritakan secara urut, mulai ketika anda bangun pagi, mandi shalat subuh, berangkat ke  lapangan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri sampai akhirnya anda berkunjung ke rumah saudara dan akhirnya kembali lagi ke rumah berkumpul dengan ayah dan ibu.

Inti dari membuat karangan, anda cukup membayangkan kejadian “yang akan dialami” ATAU yang telah dialami. Tentu saja dengan tambahan kreatifitas dan Imajinasi dari masing masing penulisnya.
Dan yang tidak kalah pentingnya, anda harus memiliki keinginan besar untuk “Mencoba Sesuatu Yang Baru”.... Trial and Error adalah hal yang biasa ketika memulai sebuah Pembelajaran, dan jangan pernah kecil hati ketika mengalami kegagalan. Thomas Alfa Edison saja harus melakukan kesalahan lebih dari 5000 kali sebelum “Lampu Pijar”-nya menyala dengan sempurna.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Apa Yang Anda Cari ?