16.7.10

TIP’S MENGHADAPI KERACUNAN PADA ANAK

-->
Menghadapi kejadian semacam ini, sangat penting untuk “Tidak Panik !!”, Telitilah terlebih dahulu zat macam apa yang tertelan, baru dilakukan tindakan yang tepat. Karena apabila kita Panik !, masalah kecilpun akan terlihat besar & menakutkan.
Pertolongan yang berlebihan, justru acapkali mendatangkan masalah baru, harus dimuntahkan atau tidak tergantung pada jenis zat yang meracuninya, …..jadi jangan selalu dipaksakan agar anak Muntah.
Kalau anak sampai pingsan, harus dijaga jangan sampai pernafasan tersumbat oleh ludah atau muntahannya, jangan sekali kali membeikan pernafasan buatan dari mulut ke mulut.
Sementara jenis racun belum dapat dikenali, sementara berikan larutan Norit, Putih Telur atau Air sebanyak banyaknya untuk melarutkan racun.

Pada segala macm peristiwa keracunan supaya diperhatikan sisa sisa benda penyebab dan yang berhubungan dengan itu, seperti : Pembungkus atau Tempatnya, Sedikit Muntahan untuk disimpan, baud an warnanya serta gejala gejala yang timbul kemudian. Ini sangat penting untuk bahan pemeriksaan dokter pada fase berikutnya.

Zat yang Berbahaya Bila Tertelan :
1. Tembakau,
2. Zat Besi,
3. Pil Pil yang mengandung Quinine, Strychinine dan Aspirin.

Zat Zat ini tidak boleh dimuntahkan :
1. Minyak Tanah,
2. Terpentine,
3. Amoniac,
4. Bensin,
5. Zat Cair Pembersih Meubel Kayu,
6. Caustic Soda Benzene,
7. DDT,
8. Pemutih Cucian,
9. Semua jenis bahan cair pembersih Lantai, Wastafel, Porcelain, WC dan lainnya,
10. Sebagian Zat Asam Keras (Asam Belerang, Asam Nitrat, Asam Chlorida dan Carbol.

Bila zat beracun terkenan pada Kulit atau Mata, bilaslah dengan air, Pakailah Pipet, bisa juga dipakai SPONS (Sponge) atau kain bersih yang telah dicelup air dan diperas diatas mata.

Semua zat dalam daftar diatas berbahaya bila dihisap atau masuk ke dalam paru paru, Dan ini bisa terjadi bila nada berusaha memuntahkannya. Asam keras dan Caustic Soda bisa terasa membakar tenggorokan waktu dikeluarkan !!, …..Dan hal lain yang perlu diingat ialah jangan mencoba membuat orang Muntah muntah bila ia sedang dalam keadaan tidak sadar atau sedang kejang kejang !!.

Bila zat yang tertelan tidak masuk daftar diatas, usahakan agar anak anda memuntahkannya, ……suruh anak anda meneguk susu atau air sebanyak banyaknya dan secepat cepatnya, Tengkurapkan anak anda di tempat tidur dengan kepala menggantung ke luar sisi tempat tidur.

BAGAIMANA MERANGSANG ANAK AGAR MUNTAH ?

Pada beberapa macam Keracunan, anak perlu dibuat muntah dengan memberi minuman air atau air garam sebanyak mungkin, setelah itu baringkan anak dengan posisi telungkup di pangkuan anda dengan kepala menghadap ke bawah agar perutnya tertekan.
Rangsang tenggorokannya dengan tangan (Jari Telunjuk) sedemikian rupa hingga anak muntah, kerjakan ini berulang ulang sampai air yang dimuntahkan tak berbeda warnanya dengan air yang diminumnya.

-->
TABLET : Asetosal, Asporis, Naspro dan Sebagainya.
Gejalanya adalah : Lambung terasa perih, keringat bercucuran, telinga mendenging, sakit kepala, sesak nafas dan pucat
Lakukan pembilasan lambung dengan meminumkan larutan soda kue dan usahakan agar muntah, mintakan segera pertolongan dokter.

ACETON : (Zat penghapus cat kuku)
Berikan minuman air banyak banyak, usahakan agar anak muntah, kalau perlu boleh diberikan pernafasan buatan sebelum anak dibawa ke Dokter.

SABUN : Bahan Pencuci Pakaian, Piring yang mengandung Bahan Pembuat Busa
P e r h a t i a n !! : Apabila muntah, ada Bahaya Pernafasannya Tersumbat, Anak jangan diberi minum, sementara menunggu pertolongan dokter, berilah es batu atau permen untuk Di Hisap agar tidak muntah.

BAHAN BAKAR MINYAK : Minyak Tanah, Bensin, Solar dan sejenisnya
P e r h a t i a n !! : Apabila sampai terhisap ke paru paru dapat mengakibatkan peradangan dan pembengkakan paru paru, Pertolongan Pertama dapat dilakukan dengan Memberikan Pelunak Racun, seperti : “Putih Telur, Larutan Tepung Kanji, Minyak Parafin Cair atau Norit”…..usahakan jangan sampai Muntah, jangan diberi minum susu, jangan beri minyak dan jangan diberi minuman yang mengandung Alkohol, segera mintakan pertolongan Dokter terdekat.

LARUTAN ALKALIE Yang Keras atau ASAM KIMIA
Bila mungkin…..beri minum susu yang dikocok dengan 5 atau 6 Butir Putih Telur, Bila tidak ada Susu, boleh diberi minuman lain kecuali yang mengandung Alkohol, usahakan jangan sampai anak muntah dan minta pertolongan Dokter, …..PERHATIAN….. Pada keracunan yang lain, susu jangan sembarangan diberikan, karena mempercepat Penyerapan Racun.

KAMPER
Pertolongan pertama diberikan dengan melakukan pembilasan lambungm yakni meminumkan air garam dan memuntahkannya kembali, kemudian berikan Obat Pelunak Racun seperti : Putih Telur, Larutan Tepung Kanji….. tetapi jangan diberi minyak atau mentega, kalau perlu boleh diberi nafas buatan, minyakan pertolongan Dokter secepatnya !!.

KARBOL
Gejalanya mulut dan perut terasa terbakar, Lidah bercak bercak putih kemudian berubah menjadi coklat, Sakit Kepala, Pucat, Muka dan Kulit Terlihat Lembab…..bahkan Pingsan secara mendadak !, Pertolongan Pertama : Boleh diberikan minum minyak Kastor dan lakukan pembilasan lambung dengan Norit, beri minum yang banyak, putih telur dan susu sebelum secepatnya dibawa ke Dokter.

Keracunan Melalui Kulit
Lepaskan seluruh Pakaiannya ………bagian yang terkena racun diguyur dengan Air Hangat, apabila sampai terjadi Shock, anak harus segera dibawa ke Dokter.

Keracunan melalui Uap yang Terhisap Pernafasan
Secepatnya Singkirkan anak dari tempat terjadinya Kecelakaan, letakkan di tempat terbuka yang udaranya lebih Fresh / Segar……..lepaskan pakaian yang menyerap uap, baringkan anak dalam posisi miring atau telungkup, kalau perlu berikan pernafasan buatan dan segera panggil Dokter untuk Pertolongan lebih lanjut…..

Semoga Bermanfaat dan ingat ……..Jangan Panik !

Apa Yang Anda Cari ?