2.7.10

Macam Macam Dongkrak Mobil


Jangan membiasakan menurunkan Dongkrak !!...Pesan tersebut kerap disampaikan Pihak Bengkel kepada Pemilik Mobil, Sebab dongkrak sangat dibutuhkan untuk mengganti ban, bila Ban mendadak Bocor atau Kempis.

Bayangkan saja jika tiba tiba Ban Kempis di malam yang pekat yang disertai Hujan dan Petir !!!.....Plus jalanan lagi sepi dan Jauh dari Rumah Penduduk !!...apalagi kita juga tidak tahu, dimana tukang tambal Ban Terdekat, mau gak mau kita harus mengganti Ban di tempat tersebut…..ternyata setelah Bagasi dibuka…..Walaaaahh !!!, “Dongkrak Tidak Ada”….
Dijamin Pusing 7 x 7 keliling !!!

Walaupun dongkrak telah disiapkan, tetapi tetap jangan lupa Piranti pendukungnya, seperti Batang Pengungkit atau Pemutar. Kita tentu tidak mau jika di bagasi mobil dongkrak ada, tetapi Batang Pengungkitnya gak ada, emang mau diputar atau diungkit pake apa ????.....Gigi ?
Berikut saya bagikan 2 macam Dongkrak yang sering kita gunakan …..Plus Kelengkapan yang harus juga disertakan :

MODEL DONGKRAK BOTOL

Dongkrak model botol umumnya disediakan bagi kendaraan minibus atau niaga. Daya angkutnya cukup besar, apalagi terbagi 2 macam, yaitu Tipe Hidrolis atau Sistem Ulir.

HIDROLIS : menggunakan oli sebagai penekan As dongkrak agar mampu mengangkat mobil. Oli ditekan dalam ruangan dibawah As dongkrak, karena tekanan sangat besar, otomatis As terangkat.
Untuk menekan oli ke ruang dibawah As, dibutuhkan batang tambahan, tujuannya membuat enteng ketika menekan oli, karena hanya perpanjangan tuas dongkrak, bentuk batang hanya seperti pipa biasa.
Tetapi tetap harus diingat ……..salah satu ujung pipa mempunyai As ditengah tengahnya (Bagian Dalam) berfungsi memutar baut sirkulasi, begitu baut dikendorkan, tekanan oli berkurang, As dongkrak pun turun….

SISTEM ULIR : Untuk menaikkan atau menurunkan As dongkrak cukup menganut Ulir, memutar sebuah As horizontal berulir akan menggerakkan As Vertikal yang menopang Beban Mobil.
Berhubung…..memakai Ulir, pergerakan naik turun As Dongkrak juga harus ada putaran, seperti mengencangkan atau mengendorkan baut, maka bentuk batang tambahan dongkrak bukan seperti Hidrolis.
Umumnya bagian ujung membentuk tanda Tanya “?”, buat cantolan ke pemutar ulir, sedangkan ujung lain lebih mirip huruf “Z” atau “L”, untuk memudahkan memutar dongkrak.

MODEL DONGKRAK KOTAK

Dongkrak model begini menjadi perlengkapan standart mobil jenis sedan atau City Car….atau bahkan Motor Roda 3 sejenis Sepeda Gerobak (Lihat Gambar Motor Hercules Roda 3), acapkali menggunakan dongkrak ini, dimana cara kerja menganut Ulir sebagai pengangkat beban.



Berdasarkan prinsip ulir, sisi kanan dan kiri dongkrak akan mendekat bila batangulir diputar searah Jarum Jam, seperti mengencangkan mur baut….Karena ujung Vertikal mendekat, bagian bawah dan atas otomatis menjauh, dongkrak pun menjadi tinggi.

Dongkrak model kotak dipilih sebagai bawaan mobil karena praktis, Bobot kendaraan juga tidak terlalu berat dan mudah perawatannya. Kebersihan lebih terjamin, sebab tidak menggunakan Oli alias hidrolis yang ada kemungkinan bocor.

Tetapi bagaimanapun juga tetap harus diingat, untuk memutar Ulir, tetap dibituhkan batang atau Stang Khusus, bentuknya seperti dongkrak Botol Ulir, salah satu ujung membentuk pengait mirip Tanda Tanya “?” dan lainnya macam huruf “Z”…..ujung pengaitnya diletakkan dalam lubang pemutar ulir.


SEMOGA BERMANFAAT……

Apa Yang Anda Cari ?