9.8.09

GANJA : bisa membuat Pikun !!

Para ilmuwan telah menemukan bahwa senyawa zat dalam ganja bisa membuat seseorang menjadi pikun.

Penelitian terdahulu telah diketahui bahwa mengkonsumsi ganja bisa mengakibatkan hilang ingatan. Senyawa pada ganja bekerja pada hippocampus, yaitu bagian otak yang memerintah sebagian besar fungsi kognitif manusia.

Namun belum diketahui jelas apakah dampak tersebut datang setelah atau selama mengkonsumsi ganja. Sampai saat ini, para ahli masih memperdebatkan hal tersebut.

Rafael Maldonado dan Andres Ozaita dari Pompeu Fabra University di Barcelona kemudian mengadakan sebuah penelitian dengan uji coba pada tikus. Demikian keterangan yang dikutip dari AFP, Senin, (3/8/2009).
Bahan aktif dalam ganja bernama THC berkerja pada syaraf penerima cannabinoid yang disebut CB1. Di beberapa lokasi dalam otak, terutama hippocampus, terdapat dua konsentrasi sel jenis CB1.

Untuk mengetahui dampaknya, ilmuwan menciptakan dua kelompok tikus yang telah dimodifikasi secara genetik dan keduanya memiliki dua konsentrasi sel jenis CB1.

Tikus-tikus tersebut kemudian disuntikkan THC dengan dosis yang sama, untuk mendapatkan efek yang bisa juga terjadi pada manusia.

Hasilnya, salah satu kelompok tikus bereaksi aneh dengan memperlihatkan tingkah laku gelisah dan linglung yang menjadi pertanda bahwa mereka kehilangan memori ingatan pada otak mereka.

Sementara kelompok tikus lain nampak tidak terpengaruh oleh senyawa THC ganja yang disuntikkan. Perbedaannya, pada kelompok tikus ini, salah satu konsentrasi CB1 bernama GABAergic telah dihilangkan.


Dari Berbagai Sumber

Apa Yang Anda Cari ?