1.1.12

Manfaat “GANDUM”

G a n d u m


Dalam sebuah Riwayat “Aisyah” berkata : Keluarga Nabi Muhammad SAW tidak pernah kenyang dengan memakan Roti Gandum dua hari berturut turut dan pada hari mereka tidak memakan roti, maka mereka memakan Tamar, ....... (Riwayat Bukhari & Muslim).

Tidak berbeda dengan Nasi/Beras (makanan utama masyarakat Asia Tenggara), gandum merupakan salah satu Sumber “Karbohidrat”, hanya saja Beras (Nasi) memiliki kandungan “Glukosa” (Unsur Gula/Manis) lebih tinggi dibandingkan Gandum. Selain itu dalam setiap 100 gr gandum, terkandung 3,1 mg Zat Besi dan 36 mg Kalsium, kandungan zat tersebut sangat bermanfaat untuk penyembuhan beberapa Penyakit.

Dalam biji gandum terdapat senyawa “Folic Acid” yang berguna mengurangi atau bahkan dapat menyembuhkan Penyakit “Jantung Koroner”, gandum juga mengandung “Asam Fitat” yang dapat melindungi tubuh dari Sel Kanker Colon (Usus Besar) yang akan berkembang.
Dan selain itu juga mengandung Antioksidan yang dapat mengikat Ion Ion Radikal Bebas sehingga tidak berbahaya bagi seluruh tubuh manusia.

Para Pakar Gizi dari seluruh dunia juga sepakat bahwa “Gandum memilki Serat Yang Tinggi”, dimana serat ini berkhasiat menghaluskan “Feces” Manusia dan mengikat “Kolesterol, Lemak, serta Asam Empedu”. Bagi yang memiliki penyakit Kolesterol mulai dari yang LOW sampai yang HIGH, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan Olahan dari Gandum “Secara Rutin” dan dilakukan secara terus menerus.
Serat yang terdapat dalam gandum juga membuat cepat kenyang & terasa lebih lama, karena itulah mengkonsumsi gandum sangat baik untuk Progam Diet & “Menurunkan Berat Badan”,...... Rasa kenyang yang lebih lama akan membuat keinginan untuk makan dapat dikurangi, maka dengan demikian Pemakaian karbohidrat dalam tubuh dapat dilakukan secara maksimal dan tidak memberi kesempatan pada Karbohidrat berubah menjadi “Lemak” yang sering membahayakan kesehatan.

R O T I   G A N D U M

HASIL PENELITIAN

Dr. Joanne Slavin dari Department of Food Science and Nutrition Universitas di  Minnesota, AS menyatakan gandum membantu membentuk tubuh lebih baik karena mengandung berbagai zat gizi rendah lemak yang bisa memperkaya diet sehari-hari, seperti karbohidrat kompleks, serat diet, protein nabati, phytokimia, antioksidan, vitamin, serta mineral. Dalam setiap 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 36 mg kalsium yang bermanfaat, antara lain, menyembuhkan penyakit jantung koroner dan darah tinggi.
Penelitian Pengaruh Pemberian Oatmeal Terhadap Kadar Kolesterol (1999) menunjukkan bahwa konsumsi bubur gandum sebanyak 70 gram secara rutin setiap hari dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Sedang penelitian American Cancer Society, menunjukkan oatmeal merupakan serat larut yang dapat menurunkan "Kolesterol LDL" tanpa menurunkan kolesterol HDL. Meskipun ada terapi farmakologi yang lebih cepat untuk menurunkan LDL, namun terapi sereal gandum lebih sehat dan tanpa efek samping. Oatmeal juga memiliki indeks glikemi yang rendah. 
Menurut penelitian, 50 persen perempuan berusia lebih dari 20 tahun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi esensial macam kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A dan E, serta zat besi dengan mengonsumsi gandum. Sereal mengandung vitamin A, D, kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang, dan penambah energi berupa zat besi dan vitamin B, serta folic acid, dan vitamin E.


Biji gandum yang diolah menjadi roti memiliki Kandungan Gula yang LOW (Rendah) dibanding Sumber Karbohidrat lainnya, kandungan Zat Gula dalam darah sangat berpotensi menimbulkan Penyakit “Diabetes”.
Mengkonsumsi roti yang terbuat dari biji biji gandum sebagai Karbohidrat sangat dianjurkan bagi mereka yang ada Indikasikan memiliki penyakit tersebut.


Gandum adalah bahan makanan utama keluarga Rasulullah SAW, Jika kita Cinta Rasulullah mengapa tidak mencoba & meniru apa yang dilakukan beliau ?

Semoga Bermanfaat ........ 


Apa Yang Anda Cari ?