1.1.12

TRIK & TIPS : Mengoptimalkan FIREFOX

FIREFOX 4 & 5 : Mengelola Banyak Tap Kedalam Tab Group
Sering ditemukan ketika menjelajah Internet, kita membuka lebih dari 1 (satu) TAB, hal ini tentunya akan menambah Pusing jika sudah terlalu banyak TAB yang dibuka, untuk itulah agar mudah bagi anda yang lagi Browsing, Firefox 4 punya Feature Unik, yaitu “Tab Group”, yaitu mengelola Tab & memasukkan seluruh Tab yang ditampilkan oleh Firefox kedalam satu himpunan menggunakan Tab Group.

TIP’s-nya Adalah Sebagai berikut :
Feature ini dapat diakses melalui “Icon” bergambar 4 buah kotak yang berada di sisi kanan atas Browser. Dengan Tab Group, seluruh Tab yang terbuka dikumpulkan menjadi 1 kelompok untuk mempermudah pengguna mengintip “Screenshoot” masing masing Tab. Untuk melakukan pencarian disediakan Icon kaca pembesar yang terletak pada sisi kanan atas Tab Group. CLICK Icon tersebut dan ketikkan kata kunci yang anda inginkan. Tab yang mengandung kata kunci tersebut akan di “Highlight” oleh Firefox.......

Lah...... Trus Gimana Jika udah Buanyaaak Tab dalam Tab Group-nya ???
Kita harus buat Group baru, ..... Caranya : Gambar sebuah Kotak pada Area Kosong (empty) di sebelah Group dengan menggunakan “Mouse” atau tariklah sebuah, tab dari group asal ke Luar Group tersebut,..... yang membuat Asyik adalah : setiap Group yang ada Bisa Kita Beri Nama sesuai keinginan, tujuannya untuk mempermudah pengelolaan Tab.
Tetapi sayang-nya .......... Fungsi Tab Group ini hanya bersifat sementara, Jika Firefox Crash atau Re-Start, maka group tersebut langsung “Bablassss” atau menghilang.......
Kita baru bisa memanggil Tab yang tertutup tadi melalui “Restore Previous Session” dari Menu History, Sedangkan pada Firefox 5, Tab Group ini akan secara Otomatis tersimpan jika anda menutup Firefox atau jika Firefox tersebut Crash.




FIREFOX 3 : Menghindar dari “Script” yang Mencurigakan
Penyalahgunaan oleh Pihak pihak yang tidak bertanggung jawab dalam era kebebasan ini seperti sekarang ini sering dilakukan, salah satunya didalam dunia maya, dimana seseorang bisa seenaknya menyebarkan Virus, Worm atau Trojan banyak dilakukan di Internet, tanpa disadari oleh pemakainya.
Website Porno (mulai dari yang Soft s/d Hard) mungkin salah satu sarana paling “Cocok” untuk menyebarkan Virus, Trojan dan Worm..... atau mungkin bertujuan lain yang bersifat mencari atau mencuri Informasi yang mereka butuhkan !.

TIP’s-nya Adalah Sebagai berikut :
Bagi Anda yang suka Browsing dengan menggunakan Aplikasi mesin pencari “Firefox”, gejala ini sudah diwaspadai oleh Pengembang Aplikasi Browser tersebut. Salah satunya anda dapat memanfaatkan “add-on NoScript” yang dapat dipasang kedalam Firefox 3 atau serial yang lebih baru, Untuk dapat Men-Download add-on tersebut anda semua dapat langsung meng-CLICK : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nonscrip . Untuk menginstal add-on tersebut, anda bisa meng-CLICK tombol “Add to Firefox”. Setelah Proses Install selesai dilakukan, anda Harus me-Restart Firefox yang anda gunakan.

Setelah terpasang di Firefox, add-on NoScript juga dapat anda konfigurasi. Untuk mengkonfigurasi add-on tersebut anda dapat meng-CLICK menu “add-Ons” dan menekan tombol “Preference” pada NoScript. Features yang tersedia pada add-on NoScript terbilang Lengkap, secara default, Add-On NoScript ini akan melarang kode kode JAVA, Adobe Flash, MicroSoft Silverlight yang menempel pada sebuah website. Tetapi kita dapat menonaktifkannya melalui “NoScript Preference”, selain itu add-on NoScript juga dapat “mem-Blok” sejumlah kode XSS pada website. Tehnik penyerangan melaluikoded XSS ini akan memudahkan penyusup meng-Injeksi ClienSide Script pada website yang sedang dilihat pengguna.

NoScript juga dapat mencegah jalannya beberapa kode dari website yang “Anda Ragukan Keamannya”, Jika kita percaya terhadap pada website tersebut, kita tinggal memasukkan saja alamatnya pada “Whitelist NoScript”. Dengan begitu Filter yang digunakan oleh NoScript tidak akan bekerja pada website tersebut.  

Semoga bermanfaat .............

Apa Yang Anda Cari ?