Rally Paris Dakkar (sekarang Populer dengan sebutan Piala DAKKAR
dengan logo orang bercadar / Bersorban) selalu menarik perhatian Dunia,
karena Merk Mobil kelas dunia mulai yang paling TOP sampai yang gak Populer
banget , bahkan merk Motor ikut serta
dan saling bersaing agar “Brand” dari Pabrik mereka Bisa lebih Terkenal karena
ketangguhan Mesin mereka menghadapi Cuaca Extrem !,
Tetapi dalam Posting kali ini,
saya lebih suka Kelas Truk, yang dikenal sebagai "
Camions" atau " Lori / Truk", yang mana dalam hal ini terdiri dari yang memiliki daya angkut lebih dari 3,500 kg ( 7,716 lb).
Kelasnya pun dibagi menjadi dua kelompok, T4 Dan T5.
T4 adalah Kelas Truk yang mengambil bagian kompetisi, sedangkan T5
Truk adalah Truk Pendukung, yang berarti
mereka bepergian dari Tempat 1 ke Tempat
yang lain untuk mendukung Team yang
mengikuti kompetisi tersebut. Kelas Truk T4 boleh menyediakan bantuan, sepanjang Race, tetapi harus mengikuti Standart sarana (angkutan) yang telah ditentukan oleh Penyelenggara.
T4.1
Kelas truk untuk angkutan produksi,
dan T4.2 Tutup Kelas Truk yang telah dimodifikasi
Kelas T4 terdiri atas Truk sarana angkutan semisal
Truk Merk Tatra, LIAZ, Kamaz, Hino, MAN, DAF, Mercedes-Benz,
Unimog, Renault Kerax, SCANIA, IVECO, dan GINAF. Di 1980-an
Terjadi
persaingan Dagang yang kuat antara Truk DAF dan Truk Mercedes-Benz
dimana kedua truk ini yang
mempunyai mesin ganda dan berkekuatan lebih dari 1000 hp ( 750 kW). Tatra Kemudiannya, dan
Kamaz mengambil posisi atas. Setelah tahun 2000, kompetisi yang diperbaharui dimulai pada kelas truk
antara DAF, Tatra, Mercedes-Benz serta Kamaz.
Berikut ini adalah Truk Truk Legendaris yang terbiasa ikut Rally
Paris Dakar