16.9.14

Manfaat Wortel : Bahan Makanan Pro Vitamin A


WORTEL : selain sebagai Pro Vitamin A, Beta Karotine juga bermanfaat sebagai anti oksidan untuk menangkal “Radikal Bebas”, sehingga terhindar dari penyakit “Degeneratif”. Setelah dikonsumsi Beta Karotine dalam wortel dikonversi didalam tubuh menjadi vitamin A, itulah sebabnya bisa disebut juga sebagai Pro Vitamin A. Vitamin A ini dibutuhkan khususnya untuk menjaga kesehatan mata.
Dari hal tersebut Wortel diyakini sebagai salah satu makanan sumber Vitamin A.
Wortel selain mengandung Beta Karotine yang merupakan “Karotenoid” sebagai salah satu pigmen yang terdapat dalam tanaman khususnya yang berwarna merah, orange, kuning dan hijau.

Jika kita kekurangan Vitamin A dapat terjadi “Rabun Ayam” atau populer dengan sebutan “Rabun Senja”, dan jika tidak segera ditangani maka dalam jangka panjang dapat terjadi “Xeroftalmia”.
Xeroftalmia adalah : kekeringan pada mata yang kemudian diikuti dengan kerusakan pada Kornea mata dan dapat berakibat “Kebutaan”.
Menjaga kesehatan mata akan lebih baik dilakukan sejak usia anak anak, oleh karena itu sebaiknya para orang tua (Terutama Ibu) mengetahui tentang kebutuhan Vitamin A. Karena kebutuhan Vitamin A pada anak anak berkisar 300 s/d 600 microgram setiap harinya.
Untuk membentuk 1 microgram Vitamin A dibutuhkan 6 microgram Beta Karotine, pada 100 grm wortel mengandung sekitar 6400 microgram Beta Karotine.

Kelebihan Vitamin A yang disebabkan mengkonsumsi wortel dan bahan makanan lain sumber Beta Karotine sebenarnya jarang terjadi. Perubahan Beta Karotine menjadi Vitamin A dilakukan secara selektif sehingga apabila kebutuhan Vitamin A sudah terpenuhi dan cukup, maka tidak semua diubah menjadi Vitamin A.
Baru dapat menyebabkan “keracunan” apabila mengkonsumsi wortel sebanyak 2 Kg sehari selama 6 minggu. Mengkonsumsi aneka bahan makanan secara seimbang dan tidak berlebih lebihan sebenarnya telah memenuhi kebutuhan akan Vitamin A sehari.
Hal ini berbeda dengan “Carotenemia” atau lebih dikenal dengan Perubahan Warna Kulit yang berubah menjadi warna Orange, Kondisi ini umumnya terjadi pada anak anak dan jarang terjadi pada orang dewasa.

Carotenemia tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, umumnya akan menghilang antara 2 s/d 6 minggu setelah mengurangi bahan makanan yang banyak mengandung Beta Karotine, jika terjadi Carotenemia sebaiknya dikurangi bahan makanan yang banyak mengandung Beta Karotine, agar lebih yakin sebaiknya diperiksakan atau dikonsultasikan dengan Dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.
Selain itu pada saat pemberian makanan tambahan yang terlalu banyak kadar Beta Karotine, didalamnya, maka kelebihan tersebut tersimpan dalam kulit sehingga menyebabkan warna kulit berubah menjadi agak Orange atau Kuning, namun hal ini terjadi pada bagian “Putih Mata” (Sclera), ini sangat berbeda dengan Penderita Penyakit Hati yang bagian Sclera-nya juga tampak berwarna Kuning.

Anak anak Kecil Usia Playgroup atau TK, banyak kurang menyukai Wortel yang disajikan dalam bentuk utuh, bahkan dibuat Jus pun mereka tetap Ogah ogahan untuk meminumnya.
Resep Kue dengan olahan Coklat dan Wortel bisa menjadi Alternatif Camilan bagi Putra Putri anda.

Resep Kue dengan olahan Coklat dan Wortel bisa di KLIK DI SINI


No comments:

Apa Yang Anda Cari ?