15.4.12

PENGGUNAAN MEDIA SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR


PENGERTIAN MEDIA
Kata “Media” berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “Perantara atau Pengantar”, dengan demikian media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan.

MEDIA SEBAGAI ALAT BANTU
Media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, karena memang gurulah yang mengkehendaki untuk membantu tugas guru dalam menyampaikan pesan pesan dari bahan pelajaran yang diberikan oleh guru kepada anak didik, Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka bahan pelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh setiap anak didik, terutama bahan pelajaran yang dirasa sngat rumit dan kompleks.

MEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Belajar mengajar adalah suatu proses yang mengolah sejumlah nilai untuk dikonsumsi oleh setiap anak didik, nilai nilai itu tidak datang dengan sendirinya tetapi terambil dari berbagai sumber , sumber belajar yang sesungguhnya banyak sekali terdapat dimana saja. Mulai dari sekolah di halaman, dipusat kota, pedesaan dan masih banyak lagi .

MACAM MACAM MEDIA :
1.      Dilihat dari jenisnya, media dibagi ke dalam :
  1. Media aktif
  2. Media visual
  3. Media audiovisual terbagi dalam :
-          Audiovisual diam
-          Audiovisual gerak
2.      Dilhat dari daya liputnya, media dibagi dalam :
  1. Media dengan daya lipust luas dan serentak
  2. Media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat
  3. Media untuk pengajaran individual
3.      Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi dalam :
  1. Media sederhana
  2. Media kompleks
PRINSIP PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA
Setiap media pengajaran memiliki keampuhan masing masing, maka diharapkan kepada guru agar menetukan pilihannya sesuai dengan kebutuhan pada saat suatu kali pertemuan, hal ini dimaksudkan jangan sampai penggunaan media menjadi penghalang proses belajar mengajar yang akan guru lakukan di kelas, Harapan yang besar tentu saja agar media menjadi alat bantu yang dapat mempercepat / mempermudah pencapaian tujuan pengajaran.

DASAR DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA
Agar media pengajaran yang dipilih itu tepat, disamping memenuhi prinsip prinsip pemilihan, juga terdapat beberapa factor dan criteria yang perlu diperhatikan sebagaimana iuraikan berikut ini :
Faktor factor yang perlu diperhatikan dalam memilih media pengajaran
  1. Obyektifitas
  2. Program pengajaran
  3. Sasaran program
  4. Situasi dan kondisi
  5. Kualitas tehnik
  6. Keefektifan dan efisiensi dan penggunaan

Apa Yang Anda Cari ?