20.4.13

Definisi Dan Konsep Kehamilan


Definisi
Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita membawa hasil konsepsi berupa janin dari pembuahan sel telur oleh sel sperma (Bobak et al, 2005)


Perubahan Fisiologis kehamilan
Menurut Bobak et al (2005) kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh ibu hamil baik secara fisik maupun psikologis, antara lain:
1.Perubahan Fisik
2.Perubahan berat badan
Selama kehamilan seorang wanita sering mengalami peningkatan keinginan untuk makan disebabkan oleh pemindahan bahan-bahan makanan dan darah ibu ke janin dan karena faktor hormonal. Penambaha berat badan ada ibu hamil dapat mencapai hingga 37,5 kg atau lebih terutama akibat dari perut dan payudara yang bertambah besar sepanjang kehamilan.

Uterus Atau Rahim
Uterus akan terus membesar seiring dengan usia kehamilan karena pengaruh kadar estrogen dan progesterone yang mengalami peningkatan. Pembesaran uterus disebabkan oleh hipertropi otot polos uterus dan serabut kolagen menjadi higroskopik akibat meningkatnya kadar estrogen sehingga pembesaran uterus dapat mengikuti pembesaran janin.

Payudara
Payudara akan membesar dan tegang akibat hormone somatotropin, estrogen dan progesterone akan tetapi belum mengeluarkan air susu. Namun pada akhir kehamilan payudara mulai memproduksi kolostrum. Puting susu dan areola terjadi peningkatan pigmentasi sehingga tampak berwarna lebih gelap.

Peningkatan Metabolisme
Laju metabolisme basal meningkat pada bulan ke-4 BMR (Basal Metabolism Rate) meningkat 15% hingga 20% pada akhir kehamilan dan sistem endokrin juga meningkat akibat peningkatan metabolisme sehingga dapat menimbulkan rasa panas pada ibu hamil. Vasodilatasi perifer dan percepatan aktivitas kelenjar keringat membantu melepaskan kelebihan panas yang timbul. Selain itu sering menimbulkan rasa lemah dan letih yang sebagian disebabkan oleh peningkatan aktivitas metabolic.

Sistem Kardiovaskular
Selama kehamilan jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap menitnya (cardiac output) meningkat 30% hingga 50%. Peningkatan ini mulai terjadi pada kehamilan 6 minggu dan mencapai puncaknya pada kehamilan 16-28 minggu. Setelah mencapai kehamilan 30 minggu curah jantung menurun hingga sekitar 20% pada minggu ke-40 karena rahim yang membesar menghambat aliran balik vena ke jantung. Tekanan darah arteri (arteri brakialis) bervariasi sesuai umur, posisi maupun kecemasan ibu hamil. Pada masa kehamilan terjadi perubahan dalam komposisi darah, nilai hemoglobin dan hematokrit akan menurun pada kehamilan yang disebut dengan anemia fisiologis pada ibu hamil.

Sistem Pernafasan
Adaptasi ventilasi dan structural selama kehamilan berguna untuk menyediakan kebutuhan ibu hamil dan janin. Kebutuhan oksigen pada ibu hamil akan meningkat sebagai respon terhadap percepatan laju metabolic dan peningkatan kebutuhan oksigen pada janin di dalam rahim. Ruang yang diperlukan oleh rahim yang membesar serta pembentukan hormone progesterone yang meningkat menyebabkan paru-paru berfungsi lebih. Peningkatan kadar estrogen menyebabkan ligamen pada kerangka iga berelaksasi sehingga ekspansi rongga dada meningkat. Seiring dengan pembesaran rahim ke rongga abdomen, pernapasan dada akan menggantikan pernapasan perut serta terjadi penurunan diafragma saat inspirasi menjadi semakin sulit.

Sistem Ginjal
Kecepatan pembentukan urin pada wanita hamil biasanya sedikit meningkat karena peningkatan beban produsksi eksresi. Disamping itu terjadi beberapa perubahan struktur dan fungs urinaria antara lain disebabkan oleh perubahan hormonal, peningkatan volume darah, pembesaran uterus dan sebagainya. Selama kehamilan ginjal akan bekerja lebih berat dari biasanya, kebutuhan volume cairan intravaskuler dan intravascular meningkat. Perubahan fungsi ginjal sebanyak 50% akibat peningkatan produksi hormone steroid oleh plasenta dan korteks adrenal. Akumulasi cairan di tungkai bawah atau disebut edema fisiologis pada tahap lanjut kehamilan dapat menurunkan aliran darah ginjal dan laju GFR (Glomerular Filtration Rate).

Sistem Pencernaan
Pada trimester pertama sering terjadi penurunan nafsu makan karena nausea (morning sickness) yang diakibatkan perubahan saluran cerna dan peningkatan hormone HCG (). Pada trimester kedua nausea lebih jarang terjadi dan nafsu makan akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin di dalam rahim. Rahim yang semakin membesar akan menekan rektum dan usus bagian bawah dapat menyebabkan konstipasi. Konstipasi semakin berat karena gerakan otot peristaltik di dalam usus diperlambat oleh tingginya kadar progesterone. Peningkatan produksi esterogen menyebabkan penurunan sekresi asam hidroklorida (asam lambung).

Sistem Integumen
Pada masa kehamilan terjadi perubahan dalam sistem integument yang disebabkan perubahan keseimbangan hormon dan peregangan mekanis. Pada kondisi hamil jaringan elastic kulit akan mudah pecah yang mengakibatkan timbulnya striae gravidarum atau tanda regangan yang disebabkan kerja adenokortikosteroid. Selain itu biasanya akan terjadi peningkatan respon alergi kulit. Hiperpigmentasi timbul akibat peningkatan hormon hipofisis anterior melanotropin selama kehamilan. Peningkatan pigmentasi terjadi di kulit wajah (kloasma), sekeliling putting susu, areola, aksila dan vulva. Selain itu terdapat linea nigra yang merupakan garis pigmentasi dari simfisi pubis hingga ke bagian atas fundus uteri di garis tengah tubuh dan akan terus memanjang seiring dengan tingginya fundus uteri.

Sistem Muskuloskeletal
Seiring dengan usia kehamilan akan terjadi perubahan tubuh secara bertahap dan peningkatan berat tubuh ibu hamil akan menyebabkan postur dan cara pergerakan terutama berjalan akan berubah. Perubahan muskuloskeletal sering menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Peningkatan distensi abdomen akan membuat panggul miring ke depan, penurunan tonus otot perut, dan peningkatan beban berat pada akhir kehamilan. Struktur ligamentum dan otot tulang belakang bagian tengah dan bawah mendapat tekanan berat. Hal ini sering menimbulkan keluhan seperti nyeri punggung pada ibu hamil


Cara Mudah Cari Uang di Internet  ( TANPA MODAL)  -  KLIK :

No comments:

Apa Yang Anda Cari ?