8.6.12

Presentasi Menggunakan Power Point 2010


Pada Powerpoint 2010 terdapat fasilitas “Shapes, SmartArt, ataupun Chart” telah ditambah dengan beberapa kemampuan, utamanya untuk “Animasi”. Tujuannya tentu saja untuk menambah Keindahan data yang akan ditampilkan dalam Slide Presentasi. Jika di Powerpoint 2003 berbentuk  Autoshapes dan terpisah pisah, sehingga kita harus KLIK berkali kali, ketika akan memilih salah satu dari shapes tersebut

Jika anda akan menampilkan berbagai atribut dalam slide, pemakaian fasilitas SmartArt sangat membantu, karena selain penampilan telah berbentuk 3 Dimensi, juga bisa digabungkan antara teks dan gambar.

Pada satu kesempatan slide presentasi juga ditampilkan dalam bentuk Grafik, biasanya ini digunakan oleh para executive untuk mempresentasikan sebuah Proposal atau Produk, dengan grafik 3 Dimensi penampilan slide akan lebih canggih dan menarik, indah, plus dijamin tidak membosankan karena berbagai efek unik yang ditampilkan.

Fungsi dan Manfaat Shapes
Shapes disediakan Microsoft Office 2010 untuk berbagai hal yang berhubungan dengan ”Menggambar, membuat Action, Buttons, Links, Flowchart, Block Arrows, Equation Shapes dan masih banyak lagi”.
Shapes akan menjadi hambar dan tidak bermanfaat jika berdiri sendiri, oleh karena itu Slide dengan penambahan Shapes harus dikombinasikan dengan teks dalam shapes tersebut.
Cukup banyak pilihan Shapes yang bisa digunakan, mulai dari bentuk Lingkaran (Oval), Persegi (regtangle), garis (line) dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa menggunakannya untuk membuat Link, membuat tombol lagu, tombol video dan lain sebagainya.

Menggunakan Shapes sebenarnya tidak terlalu sulit, karena Microsoft PowerPoint 2010 memberikan cara terbaik dan termudah bagi semua pemakainya, sebagai bentuk Praktek lapangan, mari kita ikuti langkah langkah yang harus kita ikuti untuk menempatkan Shapes dalam satu Slide :

Langkah 1
Buka dan jalankan Microsoft PowerPoint 2010

Langkah 2
Buka slide yang akan kita kerjakan, misalnya dengan nama “Presentasi ABS 1”

Langkah 3
Pindahkan cursor atau klik slide halaman ke dua, Tujuannya adalah untuk menambahkan Shapes ini kehalaman tersebut

Langkah 4
Klik Menu INSERT

Langkah 5
Pilih dan klik tombol SHAPES, lalu pilih salah satu shape yang akan digunakan, misalnya rectangle, setelah itu Cursor Mouse akan berubah mirip tanda plus (+)
 
Langkah 6
Klik dan Tahan mouse anda ke daerah kosong, lalu gerakkan ke kanan dan ke bawah, sehingga akan terbentuk kotak, lalu lepaskan penekana pada tombol mouse.

6 langkah diatas, diharapkan anda telah bisa membuat kotak dengan pilihan Shapes, selain membuat kotak, anda juga dapat membuat bentuk oval, diamond, dan lain sebagainya sesuai dengan kreatifitas serta imajinasi anda.

Setelah rectangle terbentuk, langkah selanjutnya ialah memasukkan “teks” kedalamnya, langkah langkah yang harus kita lakukan adalah :

Langkah 1
Tambahkan teks kalimat ke dalam kotak tersebut, caranya ”Klik Kanan” di atas kotak tersebut, setelah itu akan tampil menu ”Popup” dan klik EDIT TEXT, lalu ketikkan (misal) Membuat Martabak Telor Super Special Bersama Ketua PKK RT 04 RW 08 atau terserah anda sajalah ………, maka teks itu akan muncul di rectangle tersebut.

Langkah 2
Ubahlah ukuran huruf agar sesuai dengan tempatnya, caranya : Klik di atas kotak tersebut atau bisa juga dengan mem-blok teks dalam kotak tersebut

Langkah 3
Pilih ukuran huruf yang sesuai dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + >. Tekan kombinasi tombol tersebut beberapa kali sampai menemukan ukuran huruf yang sesuai selera anda.

Setelah Shapes yang dibuat dilengkapi dengan teks, selanjutnya kita harus mengatur bentuk dan penampilannya, di sini anda harus mengatur bentuk 3 Dimensi, termasuk mengatur warna, huruf (font) dan lain sebagainya.
Untuk mengerjakan hal ini langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah 1
Klik tepat diatas bentuk kotak yang akan ditangani, setelah itu Powerpoint 2010 dibagian atas layer akan menampilkan Drawing Tools (Lihat Gambar)


Langkah 2
Klik tombol Dropdown, pada sekelompok Shapes Style, Setelah itu akan tampil pilihan dibawahnya (Lihat Gambar),



pilih salah satu Shapes Style yang akan digunakan dengan cara Klik salah satunya, ketika anda semua para pembaca, menempatkan Mouse diatas salah satu style-nya, kotak di slide anda secara otomatis akan berubah, jika sudah menemukan yang sesuai, Klik 2 x diatas style tersebut.

Langkah 3
Selanjutnya atur jenis huruf agar menarik, untuk itu pilih WordArt Style, karena disini banyak pilihan yang bisa kita gunakan.

Langkah 4
Untuk melihat keseluruhan WordArt Style, KLIK tombol Dropdown pada pilihan tersebut, sehingga akan tampil (Lihat Gambar).



Langkah 5
Klik salah satu pilihan WordArt Style yang akan digunakan, pada saat anda memindahkan Cursor mouse ke salah satu pilihan WordArt Style, tampilan pada slide secara otomatis akan berubah.

Jika anda ingin terus berkreasi sesuai dengan imajinasi anda, ada beberapa fasilitas Shapes yang berguna untuk memperindahnya, salah satunya adalah ……………
(1). Dengan meng-KLIK Kanan shapes, dan anda dapat pilih Format Text Effects, efek ini bisa diatur sehingga berpenampilan 3 D atau sesuai kreativitas anda semua.
(2). Klik kanan pada shapes, lalu pilih Format Shapes, disini kita bisa memilih berbagai format yang berhubungan dengan shapes yang sedang anda tangani, umpamanya penampilan 3D, shadow, dan lain sebagainya.
(3). Lebih jelasnya ............ anda lihat sendiri  gambar dibawah ini



(4). Untuk lebih cantik-nya Slide, anda bisa gunakan beberapa shapes, dalam menempatkan shapes sebaiknya bentuk dan style-nya jangan sama, utamanya shapes judul dan shapes artikel presentasi, begitu juga pilihan WordArt-nya, pilih dan sesuaikan dengan shapes yang digunakan.


Catatan :
Untuk membuat tampilan Presentasi PowerPoint 2010 lebih menarik, cobalah anda cari bentuk huruf (Font) dengan melakukan pencarian di Google, misalnya anda Searching “Gratis Download Graffity Font kemudian Gratis Download Gothic Font atau font unik yang lain” ……….., setelah anda Download, copy font, cari & klik Control Panel pada Komputer anda, klik Fonts dan paste.

Atau anda mencari Efek Suara yang berbentuk MP3, misalnya suara bel sepeda, gong atau Klakson Truk, ini bisa anda gunakan untuk menarik Audience, ketika dirasa audience mulai terlihat jenuh.


Selamat Berkreasi dan semoga bermanfaat………

Apa Yang Anda Cari ?