17.7.09

PENGERTIAN MOTIVASI



Kata motivasi dari perkataan bahasa latin, yakni movere, yang artinya ”menggerakkan” (to move). G.R. Terry E. L.W. Rue mengemukakan bahwa motivasi adalah suatu keadaan didalam diri seseorang yang mendorong atau menggerakkan dan mengarahkan atau menyalurkan perilaku ke arah tujuan (Terry, G.R. dan Low, Rue, 1998:449).

Adapun beberapa pengertian motivasi antara lain :
Menurut pendapat Garry Dessler (1997:328)
Motivasi merupakan hal yang sederhana karena orang-orang pada dasarnya termotivasi terdorong untuk berperilaku dalam tata cara tertentu yang dirasakan mengarah kepada perolehan dan ganjaran-ganjaran.
Menurut pendapat M. Manullang (2000:146)
Motivasi adalah suatu daya perangsang atau daya pendorong yang merangsang, mendorong karyawan untuk bekerja segiat-giatnya berbeda antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain.
Menurut pendapat Sondang P. Siagian (1998:120)
Motivasi adalah keseluruhan proses pemberian motif kepada bawahan sedemikian rupa sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan.

Dari beberapa pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu yang diberikan kepada seseorang sebagai dorongan atau rangsangan agar tercipta suatu perubahan tindakan yang positif dengan kata lain motivasi juga merupakan suatu tindakan usaha atau keinginan yang ada yang bertujuan agar orang-orang melakukan suatu kegiatan yang didorong oleh kekuatan yang ada dalam dirinya.

JENIS MOTIVASI
Untuk mengetahui jenis motivasi yang ada, dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu :
MOTIVASI POSITIF
Adalah proses untuk mempengaruhi seseorang untuk menjalankan sesuatu yang kita inginkan dengan cara memberikan kemungkinan untuk memperoleh hadiah.

MOTIVASI NEGATIF
Adalah suatu proses untuk mempengaruhi seseorang agar mau melakukan sesuatu yang kita inginkan, dengan cara mempergunakan teknik dasar yaitu menakuti seseorang atau dengan mengadakan ancaman kepada yang bersangkutan.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pemberian motivasi sangat penting, karena akan memberikan semangat kerja kepada karyawan dan mengurangi keluhan dan kejenuhan dan dapat mengurangi kesulitan bagi karyawan. Dan yang perlu diperhatikan ialah seberapa jauh para pemimpin tersebut memberikan motivasi positif dan seberapa jauh motivasi negatif, kemudian kepada siapa dan kapan mereka akan diberikan motivasi.

Cara Cepat Cari Uang di Internet, KLIK :


Apa Yang Anda Cari ?