21.2.12

ASEAN : Organisasi Negera Negara Asia Tenggara

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan Sebuah Organisasi Geo-Politik Dan Ekonomi Dari Negara-Negara Di Kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.
Deklarasi Bangkok di tandatangani di kota Bangkok di Kerajaan Thailand oleh 5 Menteri Luar Negeri Negara Pendiri ASEAN, berikut ini adalah Negara & para Diplomat yang mewakili masing masing Negara :

a.) Menteri luar negeri Indonesia : Adam Malik

b.) Menteri luar negeri Singapura : S. Rajaratnam

c.) Menteri luar negeri Filipina : Narsisco Ramos

d.) Menteri luar negeri Thailand : Thanat Khoman

e.) Menteri luar negeri Malaysia : Tun Abdul Razak













Myanmar adalah salah satu Negara yang paling sulit untuk bergabung dengan ASEAN, karena beberapa Negara Barat (Khususnya AS) berusaha menghalangi, karena menganggap Negara ini adalah Pelaku Pelanggaran HAM (Hak Azasi Manusia) yang sangat berat, dimana Negara ini dikuasai Militer dalam mengendalikan negaranya.


MAKNA PERLAMBANG

Simbolisme lambang ASEAN tercantum dalam Piagam ASEAN. WARNA BIRU melambangkan Perdamaian Dan Kemantapan, WARNA MERAH Melambangkan Keberanian Dan Dinamika, WARNA PUTIH Melambangkan Kesucian, dan WARNA KUNING Melambangkan Kemakmuran.
SEPULUH BATANG PADI mewakili Sepuluh Negara Anggota ASEAN.
Warna bendera – BIRU, MERAH, PUTIH & KUNING – merupakan warna-warna yang digunakan dalam Bendera nasional seluruh negara anggota ASEAN.

Apa Yang Anda Cari ?