22.1.10

Cara Memperkuat Pandangan Mata

-->
Bagi sejumlah atlet, mata yang sehat belumlah cukup. Mereka juga harus memiliki Dynamic Vision yang tinggi, yaitu Kemampuan memfokuskan pendangan pada benda yang bergerak, ……Itulah pendapat para peneliti di Fakultas Opstometri, Universitas Pasifik Oregon, AS, setelah mereka melakukan beberapa kali penelitian terhadap sejumlah atlet.

Hasil penelitian itu mengungkapkan bahwa ketajaman mata atlet terhadap benda bergerak jauh diatas orang biasa, walaupun keduanya memiliki mata yang sehat, Hal ini disebabkan atlet atlet itu “Terpaksa” sering menggerakkan otot matanya untuk mengikuti jalannya Bola atau gerakan rekan 1 teamnya.
Hingga otot kecil yang berfungsi menggerakkan bola mata keatas, kebawah dan kesamping menjadi lebih kuat.

Dan sepertinya ……beberapa dekade belakangan ini, “Olah Raga” mata, yaitu menggerakkan mata ke atas, ke bawah dan kesamping mendapatkan perhatian cukup besar dari para ahli.
Sejumlah ahli bahkan telah membuat serangkaian jurus latihan bagi Atlet Tennis, Golf, Bulu Tangkis dan yang berkaitan dengan Bola. Mereka juga melatih orang orang yang kerjanya pada bidang bidang yang membutuhkan kemampuan mata yang prima, seperti Pilot, Polisi dan Tentara (terutama “SNIPER” / Penembak Jitu)

SNIPER SHOOT

-->
Sebuah program latihan yang dibuat berdasarkan hasil tes kesehatan mata dan tingkat Dynamic Vision, biasanya berlangsung antara 10 sampai 12 minggu, dalam program latihan ini dilibatkan pula peralatan yang canggih.

ACUVISION TEST

-->
Salah satunya adalah “ACUVISION”, alat ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pelacakan, pandangan ke samping (yang amat penting untuk Pereli atau Pembalap) dimana titik titik lampu dihidupkan sedemikian rupa dan bergerak secara acak, Fungsinya ialah diharapkan nantinya dari Gerakan lampu yang diikuti oleh mata hingga melemaskan otot otot di sekitar mata, dan kecepatan gerakan bola mata, selain dari itu adapula rekaman video yang menampilkan Aerobik Mata…..bukan CUCI MATA !
TIP’S MURAH MERIAH…….

Tetapi disamping itu, para ahli juga memberikan jurus jurus latihan yang murah merah dan bisa dilakukan di mana dan kapan aja …..
Jeane R Derberm, O.D., Direktur Vision Performance Lab di Pusat Latihan Olimpiade As, misalnya punya program latihan yang mudah dan murah. Jurus itu antara lain :

Jurus Pertama :
Jurus yang pertama punya nama “Mata Sapi”, latihan ini dapat meningkatkan kemampuan memfokuskan pandangan pada benda yang dekat dan jauh, bahkan pada saat yang hampir bersamaan, …..Untuk latihannya yang perlu disediakan cukup Pensil yang Ujungnya ada Penghapusnya….
Caranya :
Pegang Pensil itu sejauh 30 cm aja…Pusatkan pandangan pada ujung Penghapus, …..lalu gerakkan mendekati ujung hidung sampai ujung penghapus terlihat kabur…..setelah itu mundurkan sampai penghapus tampak tajam kembali,…..nah, Dari situlah “Lemparkan” pandangan dari ujung pensil ke sesuatu yang jauh letaknya, misalnya Pohon di Halaman sampai tampak jelas,…..Terakhir lihat kembali Ujung Penghapusnya, Ulangi Proses ini sekitar 20 kali……

Jurus Kedua :
Latihan kedua adalah meluweskan otot acular, tujuannya agar mata dapat lebih cepat menangkap benda baru yang masuk ke ruang pandang.
Caranya :
Pertama lihat lurus kedepan, lalu ke atas, lantas ke kanan, ke bawah dan terakhir ke kiri.
Dalam proses ini pandangan dilemparkan sejauh jauhnya, dan lakukan sebanyak 4 atau 5 kali.

Jurus Ketiga :
Latihan terakhir bermaksud untuk meningkatkan kemampuan melihat benda bergerak,…..
Caranya :
Pasang piringan hitan dan setel kecepatnnya pada 33 Rpm, ketika pelat berputar ikuti tulisan yang ada di tengah tengah……Gerakkan mata perlahan lahan kearah luar, Ulangi sebanyak banyaknya, tetapi jangan sampai pusing,…..kalau merasa cukup, naikkan kecepatan putaran sampai 45 Rpm.
Menurut si Peneliti, yaitu Jeane R Derberm, O.D, apabila latihan itu dilakukan setiap hari, maka kita bisa dimungkinkan mempunyai pandangan setajam “Mata Elang”……benar atau tidak ?, silahkan dicoba sendiri .....

-->
Semoga membawa manfaat ……………









Apa Yang Anda Cari ?