10.1.10

TIP’S TIDUR NYENYAK


Ingat Dongeng SNOW WHITE ??, dimana sang Putri Putih Salju tidur nyenyak, hingga pada akhirnya Datang Pangeran dengan Ciuman Mautnya bisa membangunkan Tidurnya.
Tetapi bagaimana sih, agar kita bisa tidur Nyenyak seperti sang Putri, hingga Waktu Adhan Subuh membangunkan kita ?

Berikut adalah Tip yang mungkin bisa membantu kita tidur nyenyak………….

Hindari perasaan tertekan yang berlebihan,…..memang kita tidak mungkin menghindari STRESS karena a man without stress is dead, Oleh karena itu jangan takut bergaul dengan stress, agar kita bisa mengolah dan tidak diperbudak oleh Stress itu sendiri.

Lakukan Manajemen Stress salah satu caranya dengan Strategi TASK ORIENTED, yaitu mengolah tugas yang dibebankan pada kita.

Hindari melakukan sesuatu yang diluar batas kemampuan kita (jangan memaksakan diri), disinilah pentingnya kita mengenal dan memetakan kekuatan diri sendiri.

Perhatikan situasi tempat tidur anda, mulai dari Kasur, Bantal, Guling, Sprey hingga ruang tidur anda, pastikan semuanya Clear dan membuat anda Nyaman tanpa gangguan,…………..dan pastikan selalu bersihkan tempat tidur anda dengan Sapu Lidi, baik saat akan tidur dan bangun tidur, sehingga binatang kecil (ngengat, semut dan lain lain) tidak mengusik tidur……….dan tidak kalah pentingnya adalah Posisi Tidur, jangan seperti foto dibawah ini……………



Buat jadwal makan, tidur, bangun dan beraktivitaslah secara teratur.

Olah raga atau senam bisa membantu menghilangkan tekanan mental dan ketegangan otot, namun jangan lakukan olah raga fisik yang berat pada malam hari (misalnya Angkat Barbel atau Lari) sebab Adrenalin tubuh akan bergerak cepat !...............lagi kalo lari lari tengah malam ...............ntar diteriakin Maliiiiing !!!, Mau ???

STOP MEROKOK............sebagai langkah awal, Kurangi Porsi Rokok pada malam hari, NIKOTIN dalam rokok dapat mengusir rasa ngantuk atau tidur nyenyak, Jangan sentuh Minuman Ber KAFEIN, paling tidak 5 (Lima) jam sebelum tidur.........

STOP MINUMAN BERALKOHOL..........gak peduli siang, malam, pagi dan sore, karena ini mengakibatkan efek Insomnia (Susah tidur)

PHENYLPROPANOLAMINE ..............ini sebuah zat perangsang yang ada dalam sebuah Obat Flu, Hati hati apabila bila membeli obat flu yang mengandung zat tersebut, karena itu juga berefek samping kita susah tidur

Lakukan Relaksasi dengan cara yang menurut anda baik, mulai dari Dzikir, yoga, meditasi, atau bahkan mendengarakan suara ombak atau alunan musik slow atau musik klasik................Jangan Heavy Metal apalagi Brutal Death Metal dan Underground.......tetapi bagaimanapun juga tetap tidak ada yang bisa mengalahkan manfaat Dzikir ataupun Doa sebelum Tidur, seperti yang diajarkan Rasullulloh SAW

Dalam Ajaran Islam, Sebelum tidur, kita disunnahkan untuk berdzikir dan berdoa. Rasulullah SAW mencontohkan bagaimana caranya melaksanakan sunnah tersebut. Di antaranya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits di bawah ini:
“Rapatkan kedua telapak tangan, kemudian ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlash (Qul huwallaahu ahad), surat Al-Falaq (Qul a’uudzi bi rabbil-falaq), dan surat An-Naas (Qul a’uudzu bi rabbin-naas). Lalu, dengan kedua telapak tangan itu, bagian tubuh yang dapat dijangkau diusap. Mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.” (HR. Bukhari, Muslim, Malik, Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i) [3x]
Setelah itu baca ayat Kursi (Al-Baqarah: 255) (HR. Bukhari)
Lalu baca surat Al-Baqarah ayat 285-286 (HR. Bukhari & Muslim)
Terakhir, baca doa sebelum tidur: “Bismika Allaahumma amuut wa ahyaa”. (Dengan namaMu, Ya Allah, aku mati dan hidup) (HR. Bukhari & Muslim)

Apa Yang Anda Cari ?